Above
The Line (ATL) adalah aktifitas marketing atau promosi yang biasanya dilakukan
oleh manajemen pusat dengan menggunakan media lini atas sebagai upaya membentuk
brand image yang diinginkan, contohnya adalah Iklan di Televisi dengan berbagai
versi. Sifat ATL merupakan media ‘tak langsung’ yang mengenai audience, karena sifatnya
yang terbatas pada penerimaan audience.
Below
The Line (BTL) adalah segala aktifitas marketing atau promosi
yang dilakukan di tingkat retail atau konsumen dengan salah satu tujuannya adalah
merangkul konsumen supaya aware dengan produk kita, contohnya adalah program
bonus atau hadiah, event, pembinaan konsumen
dll. Semua aktifitas ini biasanya dilakukan oleh kantor perwakilan di daerah
yang menjadi area pemasarannya. Pada intinya definisi below the line adalah bentuk
iklan yang tidak disampaikan atau disiarkan melalui media massa, dan biro iklan
tidak memungut komisi atas penyiarannya dan pemasangannya. Kegiatan promosi below the line suatu brand paling banyak dilakukan melalui beragam
event. Dengan event ini, konsumen akan berhubungan langsung dengan brand,
sehingga bisa terjadi komunikasi antara brand dengan konsumen. Beragam pendekatan
dalam melakukan brand activation ini sudah banyak dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar